Rabu, 26 Januari 2011

100 Cita-cita Hidup


            Sewaktu gw semester empat, sempet ikutan acara jurusan yang salah satu pengisi acaranya itu Mapres (Mahasiswa Berprestasi) dari jurusan gw. Saat itu dia nyeritain tentang pengalaman hidupnya selama dia kuliah di kampus gw. Dia cerita gimana cara ia belajar, bersosialisasi, dan berprestasi. Sebut aja namanya Ka Nita (bukan nama asli), menurut gw dia itu sebagai mahasiswa sempurna banget *walau ga ada manusia yang sempurna.  Di akademis dia selalu dapet IPK paling tinggi di jurusan, nyerempet empat terus dan waktu itu dia terancam Cum Laude *sekarang dia udah lulus dan bener2 dapet predikat Cum Laude, untuk urusan sosialisasi juga jangan ditanya dia sempet ikutan BEM fakultas dan pernah jadi ketua pelaksana acara besar di kampus gw dan ikut himpunan profesi yang waktu itu dia ngejabat sebagai salah satu badan pelaksana harian, dimana itu posisi yang ngga main2 kan, dan untuk urusan prestasi jangan ditanya juga, dia berkali-kali juara lomba karya tulis, PKM, paper dengan berbagai topik, bukan hanya topik tentang bidang yang ia kuasai aja, dia sempet bilang kalo waktu itu dia pengen ikutan lomba karya tulis yang diadain BHMN, akhirnya pas kesempatan itu ada dia ikutan, tapi dia gagal jadi juara, TAPI yang lebih kerennya lagi dia dapet surat permohonan maaf dari salah saru BHMN itu karena belum bisa jadi juara dan ternyata dia adalah peserta paling muda yang ikut lomba itu, katanya dia pas dapet surat itu seneng banget, walaupun ga jadi juara ternyata tulisan dia masih dihargai sama BHMN itu dan hasil pikiran dia ga gitu aja dibuang ke tempat sampah dan jadi peserta termuda, dan yang paling penting cita-cita dia buat ikutan karya tulis yang diadain oleh BHMN itu tercapai
Pas sesi tanya jawab banyak pertanyaan yang isinya tentang gmana caranya kok dia bisa ngelakuin hal itu secara simultan. Dia akhirnya cerita kalo dia punya daftar 100 cita-cita hidup yang dia simpen di laptopnya dan dia masih pengen nambahin cita-cita hidupnya jadi 1000*wow. Dia bilang baru beberapa yang kesampean dan dia bakalan berusaha untuk mencapai semuanya. Katanya kalo kita nulis apa yang kita mau itu tuh semacem doa dan pengharapan ke Tuhan dan menurut cerita yang ada juga dan pernah kejadian, ternyata orang-orang yang menuliskan harapan hidupnya itu banyak banget yang udah terkabul, tapi bukannya ngga ada usaha loh ya, setiap apa yang kita inginkan itu kaya suatu tahapan misalnya sebelum kita mencapai tahap nomor tiga kita capai dulu tahap nomor dua, kaya kalo kita mau lulus cepet, kita harus ngelewatin proses belajar, ujian, sama skripsi dulu. Tapi ngga mutlak gitu juga sih, bisa juga kalo kita pengen dapet kerja cepet, kita ngga harus lulus dulu kan, bisa aja kita buat suatu usaha yang bisa kita jalanin sambil kita kuliah dulu.
Dari cerita Ka Nita gw jadi pengen banget nulisin semua cita-cita hidup gw, tapi kayanya kok buat sampe ke angka 100 itu susah banget ya,  menurut gw banyak banget sebenernya cita-cita dan harapan gw yang belum tergali dari diri gw sendiri, intinya gw masih belum tau apa yang gw mau buat hidup gw ke depannya, dan gimana cara buat mencapai apa yang gw mau itu. Jadi mendingan buat yang ngebaca ini postingan, mulai pikirin apa aja yang kita mau dan kita butuhin buat masa depan, kapan kita mencapainya dan bagaimana cara kita mencapainya. Dan inget jangan jadiin itu cuma pajangan doang, tapi setiap kita baca itu, kita bayangin aja, betapa banyak manfaat yang bisa diperoleh dari cita2 kita itu baik buat kita sendiri maupun buat orang lain, ga ada salahnya kita tulis semua impian kita, orang mimpi itu gratis kok, ga bayar, malah mimpi dan cita2 itu adalah doa, doa adalah pahala, dan pahala bisa jadi tabungan kita buat hidup di kehidupan selanjutnya kelak. Selamat bermimpi teman..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar