Senin, 24 Januari 2011

Still Waiting...



Sebenernya judul postingan ini pernah gw jadiin status di FB gw, ngga tau kenapa tapi walopun cuma dua kata berarti banget buat gw. Gw sama dia pacaran udah sekitar sebelas bulan yang lalu, jarang ketemu walopun LDRnya ga jauh-jauh amat, Bogor-Jatinangor, tapi karena masing2 sibuk jadi susah buat ketemunya. Sebenernya gw udah kenal dia dari lama, dari semenjak gw kelas satu SMA. Awalnya emang gw ga ada perasaan apa2 ke dia, tapi pada akhirnya pas kelas satu SMA mau naik ke kelas dua gw mulai luluh juga sama dia. Saat itu gw mulai deket sama dia, tapi cuma sekedar HTSan aja karena gw ngga boleh pacaran sama ortu gw. Gw di situ mulai sering bereng2 sama dia, makan, pulang, belajar, ke toko buku, pokoknya semua bareng sama dia. Gw ngerasa ngga mau banget jauh dari dia. Tapi namanya juga cowo mana ada sih yang mau hidup ngga bebas, masih SMA pula, akhirnya setelah enam bulan kita HTSan kita bubar, karena beberapa alasan, yang pertama karena dia pengen bebas, dan karena ada beberapa sifat gw yang beda sama dia.
Beberapa saat setelah kita udahan gw masih suka kepikiran, masih suka nangis sendiri. Gw sedih karena kok kayanya dia dengan mudahnya ngelupain gw padahal gw sendiri buat suka sama dia juga ga gampang. Sekalinya gw suka sama orang pasti bakalan ngejaga orang itu dan kalo ampe gw bubaran gw susah buat ngelupain dia dan berpaling ke yang lain. Sempet gw benci banget sama dia, apalagi sempet ada gosip dia sama cw lain, yang lebih meyakinkan gw gara2 itu dia ninggalin gw. Tambah sedih, sakit hati, juga benci, gw ga mau ketemu dia bahkan ngeliat batang hidungnya.
Semenjak gw udahan HTSan sama dia, gw ngga pernah bener2 jadi sama satu orang, selalu kandas di tengah jalan, yang kalo dipikir2 itu karena gw selalu ngebandingin orang lain sama dia. Setiap udahan deket sama orang yang ga pernah sampe ke jenjang pacaran, gw selalu cerita ke dia dengan anggapan kalo dia ngga punya perasaan apa2 ke gw, bener2 mati rasa sama gw, tapi ternyata gw salah.
Entah gmana caranya tapi mungkin ini yang disebut invisible hand di dunia percintaan bukan di perekonomian doang. Suatu hari dimana gw dan dia udah sama2 kuliah di tempat yang beda sempet ada temennya dia yang nge-message gw katanya pengen ngomong sama gw tentang dia, di situ gw panik banget, gw langsung cari contact tu orang, akhirnya ketemu dan dia panjang lebar ngejelasin perasaan dia yang sebenernya ke gw. Akhirnya hari itu juga gw langsung sms dia tanya kabar, lama sms gw ga dibales, gw pikir dia udah bener2 ga mau kenal dan berurusan sama gw lagi karena gw udah bikin dia sakit tanpa gw sadari. Gw terus nunggu sms balesan dari dia yang akhirnya dibales pas malem2. Kebetulan dia lagi di bogor, gw minta ketemuan sama dia, pengen aja gw ketemu dia. Akhirnya pas besoknya gw jalan sama dia dan temen2 SMA gw. Di situ gw pengen ngebuktiin kata2 temennya yang katanya dia bener2 punya perasaan ke gw, tapi di situ gw ngeliatnya dia datar2 aja sama gw, ngga ada perbedaan sikap antara ke gw dan ke temen2 cw dia lainnya. Yah di situ gw cuma bisa pasrah dan berdoa aja, kalo emang bener tu omongan temennya biar Tuhan yang nunjukkin jalannya. Setelahnya kita ga ada kontak lama banget, sekitar enam sampe tujuh bulan, dan di antara waktu itu gw sempet deket sama seseorang di kampus, tapi ya tetep aja gw buat suka sama orang itu susah banget dan ujung2nya gw sama orang itu temenan doang. Akhirnya setelah beberapa bulan dari temennya nge-message gw akhirnya kita jadian juga. Cukup lama gw nunggu dia kira-kira dari tahun 2005 ampe 2010 gw nunggu dia buat ngungkapin perasaannya ke gw.
 Pacaran jarak jauh ternyata ga gampang. Komunikasi itu kunci utamanya, salah2 bisa hancur semuanya, yang ada negative thinking, uring2an, salah paham, ampe marah2. Tapi berhubung sama2 sibuk yah jadinya ga begitu masalah. Komunikasi gw sama dia bisa dikatakan minim pas awal pacaran, sms paling cuma pagi aja,tanya kabar, rencana hari ini, udah gitu selesai, sambung lagi besok pagi dengan topik yang sama. Telepon pun sama, cuma pas weekend aja, itu pun ga tiap weekend. Sms pun ga langsung dibales, gw harus nunggu balesan sms dia berjam-jam bahkan ga dibales sama sekali. Awal2 gw ga masalah, tapi lama2 ya gw kesel juga, sampe akhirnya kalo gw kesel gw sengaja ga ngasih kabar ke dia seharian, ga sms, ga miskol, ga ngehubungin sama sekali ampe akhirnya dia sendiri yang nyari2 gw. Setelah itu gw sadar, gw emang bisa tahan banting, tapi ada saat2 yang gw ga bisa digituin, misalkan pas gw lagi haid, lagi ujian, yang pasti di luar keadaan normal gw,  gw malah kesel banget kalo cuek gitu. Tapi kesini2 gw mulai biasa sama sifat dia yang kaya gt, gw malah aneh kadang kalo dia cepet bales sms gw, dan nelepon gw duluan. Ada tapinya lagi, kadang gw sempet kesel kenapa harus selalu gw yang mulai, kenapa harus gw yang sms duluan, telepon duluan, inisiatif minta ketemuan, kenapa ngga dia yang ngelakuin hal2 itu?kenapa?kadang gw punya pikiran, kalo gw keseringan kaya gini bisa2 gw jenuh dan bisa2 gw ninggalin dia gitu aja. Itu pikiran gw kalo gw emosi banget dalam hati. Buru-buru gw sadar diri itu pikiran jelek banget dibandingin sama pengorbanan dia buat gw, sakit hati tapi tetep dengerin curhatan gw, suka buat lagu buat gw, masih mau terima telepon gw sekalipun dia ngantuk ga ketulungan ampe dia pernah ketiduran pas lagi denger ocehan gw, terima telepon pas lagi nyerempet mau ujian, lagi makan, lagi ngerjain tugas, nganter gw malem2 ampe ga dapet kereta, dan banyak lagi. Lebih dari semua itu gw berpikir untuk ga bakalan ngelakuin hal2 bodoh yang bisa buat gw nyesel seumur hidup. Sampe akhirnya gw ngomong terus terang ke dia tentang keberatan gw atas sikap dia yang  cuek waktu itu, dia ngerti, dia berusaha memperbaiki diri, dia berubah jadi lebih baik lagi.
Gw sama dia emang beda, contohnya bagi gw ya acara ulang tahun gw penting banget tapi mungkin buat dia biasa aja, sempet kesel gitu pas ulang tahun gw kok dia ngga ngucapin pertama, cuma sms aja, ngga telepon malah gw dapat surprise dari orang2 yang ga gw sangka bakal kasih surprise ke gw, gw langsung inget sama dia, andaikan dia ada di sini,  padahal pas dia ultah gw bela2in nunggu ampe jam dua belas malem*padahal gw ga bisa begadang, cuma buat ngucapin ulang tahun ke dia, terus  dari hobi kita yang beda, atau cara memandang kita terhadap suatu masalah, gw mikirnya A dia mikirnya B. Baru banget gw sadar, kalo gw ternyata punya sifat yang kalo mau mengungkapkan sesuatu atau keinginan ke orang agak susah, sering gw minta atau ngungkapin isi hati gw ke dia setengah2 sampe beberapa kali bikin dia salah paham ke gw dan bikin kita berantem, salah gw emang, kurang gamblang ngutarain apa yang gw mau dari dia jadi dia ga paham maksud gw. Pernah gw dan dia danasihatin sama bude gw, kalo orang pacaran ya ngga bisa perjalanannya mulus2 aja, nyaman2 aja, perbedaan itu wajar, gimana caranya kita memandang perbedaan itu sebagai sesuatu yang positif dari pasangan kita, gmana caranya kita ngehargain perbedaan itu, gw juga udah coba buat janji ke diri gw sendiri kalo gw bakal pertahanin hubungan gw apapun masalahnya sampe Tuhan yang bicara, asal bukan menyangkut orang ketiga, gw bakal nunggu kalo emang kita berjodoh sampe waktu untuk melangkah ke jenjang selanjutnya datang. Sampe saat itu datang gw bakal coba buat jadi yang terbaik buat dia gmana pun caranya sampe Tuhan yang menentukan hasilnya, yang penting gw berusaha, berjuang, dan berdoa untuk ini semua.
 Amin..


1 komentar:

  1. Pertama-tama mau ngucapin makasih dulu sebanyak2nya udah jadi salah satu orang penting di hidup aku..

    dari kamu aku bisa belajar banyak hal, mulai dari bener2 belajar pelajaran macem statistik maupun pelajaran lain yang ngga mungkin aku dapetin di sekolah2 ato tempat kursus.. dari kamu aku belajar cara bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, belajar menghargai, mempercayai, berbagi, menahan ego, bertoleransi, dan lain sebagainya.. berkat kamu juga aku bisa belajar buat mengenal diri aku sendiri, tahu apa yang jadi kekurangan maupun kelebihan aku, dan juga kekuatan dan kelemahan aku..

    aku sadar aku bukan orang yang paling hebat, paling ganteng, paling tajir, paling baik, paling pinter, paling sabar, dan lain sebagainya dan untuk itu juga aku ngucapin terima kasih karena kamu udah bersedia nerima aku apa adanya..

    aku juga sadar kalo aku sering bikin kamu kecewa, kesel, marah, sakit hati, dongkol, bete, emosi, uring-uringan, dll (kamu juga kadang2 gitu hohoho).. untuk itu aku minta maaf sebesar2nya.. maaf buat semua kata2 dan perilaku yang udah bikin kamu ngga enak hati..

    aku akuin kita emang punya beberapa (*kalo ga mau disebut banyak) perbedaan, mulai dari cara mengekspresikan perasaan, cara memandang sebuah persoalan, cara menghadapi masalah, sampai ke hobi dan cara menanggapi sebuah sms sekalipun kadang sangat beda.. dan aku sangat bersyukur karena sampai saat ini kita mau dan masih bisa menghadapi perbedaan2 itu dan ngga gampang nyerah ngehadapin itu semua, walopun jujur pikiran2 buat nyerah udah pernah beberapa kali bergema di otak aku, untungnya aku selalu inget komitmen awal kita waktu pertama kali menjalin tali silaturahim lewat jalur yang disebut "pacaran" (*kok getek ya nulisnya) ini.. dan yang harus disadarin juga hidup ini ngga bakal indah kalo ngga ada perbedaan dan ngga bakal menarik kalo ngga ada masalah..


    mungkin sangat naif kalo dibilang aku udah kenal kamu sepenuhnya dan kamu udah kenal aku sepenuhnya lewat 'hubungan' yang "baru" 11 bulan ini.. sampai kapan pun mungkin kita belum bisa kenal luar dalam.. tapi kita harus tetep berusaha dan belajar buat lebih mengenal satu sama lain..

    hidup itu rahasia Tuhan, kita sebagai manusia cuma bisa berikhtiar semaksimal mungkin..

    dan kayak pesan dari ibuku :
    - jangan pernah janji-janji hal yang belum tentu kita bisa penuhin
    - jangan pernah berniat main-main dalam sebuah hubungan (sbenernya kata2 aslinya "jangan pernah mainin cewe")..
    dan masih kata-kata ibuku :
    ujung dari sebuah hubungan (buat aku kata hubungan di kalimat yang ini maknanya luas, ga cuma buat pacaran aja) itu cuma boleh dua, jadi teman atau jadi keluarga..


    semoga selalu mendapat yang terbaik, dan selalu mendapat ridho Allah SWT.. Amin..
    love you..

    BalasHapus